About Wiranto

Blog sederhana ini saya gunakan sebagai sarana untuk menuangkan pikiran dan menyampaikan pesan kepada teman-teman yang sempat berkunjung, sekaligus menjadi media komunikasi dengan mahasiswa.

Nama saya singkat dan sederhana, Wiranto, sejak 2007 bekerja sebagai dosen biasa di Jurusan Informatika UNS. Sebelumnya, mulai 1992, menjadi dosen di program studi Matematika FT UNS. Bersamaan dengan berdirinya F.MIPA tahun 1996 kami boyongan ke jurusan Matematika F.MIPA UNS.

Selama empat tahun (2003-2007) saya sempat belajar politik, hukum, kebijakan publik dan merasakan langsung pahit getirnya pesta demokrasi (pemilu legislatif, pemilihan presiden dan pemilihan kepala daerah) dengan menjadi salah satu komisioner di Komisi Pemilihan Umum Kota Surakarta. Dari sana saya menjadi tahu banyak tentang manuver para politisi, pegiat LSM, aparat penegak hukum, insan pers dan permainan para birokrat di pemerintahan.

Pada awal tahun 2007, meskipun jabatan di KPU belum selesai, saya diminta rektor agar kembali ke kampus dan diberi tugas memimpin pendirian program studi Ilmu Komputer. Atas kerjasama yang baik dengan semua kolega, proses tersebut berjalan dengan amat lancar. Pada tahun 2009, nama program studi Ilmu Komputer diganti menjadi Informatika, sesuai dengan keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi.

Untuk meningkatkan kapasitas akademik, pada tahun ajaran 2009/2010 saya mulai menempuh pendidikan program doktor Ilmu Komputer di Universitas Gadjah Mada dengan beasiswa BPPS Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Topik riset saya seputar Information Retrieval System, Information Filtering dan Recommender System dengan promotor utama bapak Edi Winarko, Ph.D yang didampingi co-promotor ibu Prof. Sri Hartati, Ph.D dan bapak Retantyo Wardoyo, Ph.D. Alhamdulillah pada tanggal 19 Juni 2014 sudah menempuh ujian disertasi dan mengikuti prosesi wisuda pada tanggal 14 Agustus 2014. Sekarang bertugas kembali di  kampus Universitas Sebelas Maret untuk mendidik dan membimbing mahasiswa.

Selain itu, sekarang saya juga bisa kembali aktif bersama teman-teman untuk berkhidmat dalam bidang pendidikan, sosial dan da’wah. Sejak akhir 2006 saya ditunjuk sebagai ketua umum Yayasan Nur Hidayah, Islamic Centre Surakarta. Sebuah amanah yang berat tetapi harus diterima & dijalani sepenuh hati.

Alhamdulillah, bidang pendidikan yang dipimpin ustadz Anis Tanwir Hadi, S.Ag saat ini berhasil mendirikan dan mengelola beberapa unit sekolah, yaitu :

  • Pondok Batita Nur Hidayah di Kerten
  • Play Group & TK IT Nur Hidayah di Kerten
  • SD IT Nur Hidayah di Kerten
  • SMP IT Nur Hidayah di Sumber
  • SMA IT Nur Hidayah di Kartasura
  • Al Qur’an Centre

Sedangkan bidang sosial yang dipimpin pak Muji Tri Priyono saat ini mengelola empat asrama panti asuhan yatim yang lokasinya terpisah, yaitu :

  • Panti Asuhan Yatim Putra I di Kerten
  • Panti Asuhan Yatim Putra II di Banyuanyar
  • Panti Asuhan Yatim Putri I di Kerten
  • Panti Asuhan Yatim Puteri II di Kerten

Bidang Da’wah yang dipimpin ustadz Drs. Kasori Mujahid, M.Ag mengelola tiga kegiatan utama, yakni :

  • Menerbitkan Majalah Nur Hidayah
  • Melayani konsultasi Keluarga SAMARA (SAkinah MAwaddah wa RAhmah)
  • Merintis pendirian pesantren di desa Kebak, Kebak Kramat, Karanganyar

Untuk merespon kebijakan pemerintah yang mengeluarkan UU tentang zakat, pada tahun 2000 kami bersama teman-teman mendirikan LAZIS AL IHSAN Surakarta dan pada tahun 2007 disepakati untuk melebarkan sayap ke seluruh wilayah provinsi Jawa Tengah. Semuanya diorientasikan pada usaha mulia yaitu mengelola potensi ZIS (Zakat, Infaq, Shadaqah) di kalangan ummat yang belum diberdayakan secara serius. Alhamdulillah saat ini LAZIS JATENG cabang Surakarta sudah membangun Pesantren Yatim AL IHSAN di atas tanah wakaf yang berlokasi di Jajar Laweyan (belakang kantor SAMSAT).

Pada tahun 2001 saya mengajukan gagasan kepada bu Hj. Eny Rahma Zaenah & ibu Hj. Siti Aminah (Tiga Serangkai Group) untuk mendirikan pesantren mahasiswa di sekitar UNS. Gayung bersambut, karena ternyata ibu Hj. Siti Aminah memiliki cita-cita yang sama, setelah beliau sukses mendirikan Pondok Pesantren Assalaam di Pabelan, dekat kampus UMS.  Akhirnya berdirilah Pesantren Mahasiswa AR-ROYYAN pada tahun 2002 berlokasi di daerah abangan sebelah utara-timur kampus UNS dan menerima santri baru. Pada tahun 2008 kami mengadakan penataan dan penyegaran sistem dan manajemen, saya masih diminta membantu sebagai salah satu pembina. Sekarang secara organisasi lebih sehat, semua terencana, terprogram dan selalu ada evaluasi secara periodik. Semoga pesantren kecil ini memberikan manfaat bagi ummat, paling tidak bagi mahasiswa muslim yang ingin meraih prestasi optimal baik dalam bidang akademik maupun ‘ulumuddin.

Demikian sedikit informasi tentang diri saya, semoga kita bisa menjadi orang baik, mencintai kebaikan dan mengajak orang lain menjadi baik. Amiin

Last update : 20 Oktober 2014 bersamaan dengan pelantikan presiden baru.

Wiranto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Skip to toolbar